brand_logo
7 RAHASIA PUASA RAMADHAN UNTUK KESEHATAN FISIK, MENTAL, DAN SPIRITUAL
BeramalBersama
23-Mar-2024
Khasanah Islam

7 RAHASIA PUASA RAMADHAN UNTUK KESEHATAN FISIK, MENTAL, DAN SPIRITUAL

Puasa merupakan Rukun Islam yang ke 3. Banyak sekali dalil-dalil yang menganjurkan untuk puasa di dalam Al-Quran maupun hadist, baik puasa wajib di bulan Ramadhan maupun puasa sunnah di bulan yang lain. Saat berpuasa kita diminta untuk menahan banyak hal yang awalnya halal dilakukan seperti makan, minum, ataupun berhubungan suami-istri. Secara batiniyah, kita juga diminta untuk menahan dari hal-hal seperti ghibah, mencela, berbohong kepada orang lain, maupun yang sejenis. Lantas dari banyaknya hal-hal yang dilarang ketika berpuasa, apakah rahasia dibalik anjuran berpuasa ini? Ini dia rahasia-rahasia puasa bagi kesehatan fisik dan mental:

  1. Puasa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Wah, kok bisa ya teman-teman, disuruh nahan makan, tidak ada nutrisi yang masuk, tapi malah imun kita bisa meningkat? Bahkan menurut banyak penelitian, puasa dapat menghindari kita dari infeksi-infeksi ataupun penyakit di dalam tubuh loh. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, sesungguhnya tubuh kita melakukan detoksifikasi (menghilangkan racun atau sampah yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal, lalu organ tubuh kita akan melakukan proses pembaharuan sel atau regenerasi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat. Wah jadi jangan mengira tubuh lemas yang kalian rasakan itu menyebabkan imun tubuh kalian menurun ya, karena nyatanya puasa malah meningkatkan imunitas tubuh kalian.

  1. Puasa Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Mengontrol Gula Darah

Buat teman-teman yang punya permasalahan terkait jantung ataupun gula darah, ini sangat menarik loh. Berpuasa dari sahur sampai maghrib itu dapat mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam tubuh kita, yang bisa berdampak pada peningkatan kesehatan jantung. Selain itu, puasa juga dapat mengurangi resistensi insulin yang berguna untuk mengontol kadar gula darah agar tetap stabil selama berpuasa. Masya Allah sekali ya.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Hormon Pertumbuhan

Ketika kita berpuasa, tubuh kita merangsang pertumbuhan neuron baru loh di otak, hal ini akan berdampak pada perkembangan otak kita. Tubuh juga akan meningkatkan kadar hormon pertumbuhan manusia atau yang sering dikenal dengan sebutan HGH (Human Growth Hormon). Hormon HGH ini secara alami punya dampak yang positif bagi pertumbuhan dan kekuatan otot.

  1. Puasa Memberikan Kebahagiaan

Percaya nggak sih teman-teman, kalo menurut beberapa penelitian, setelah berpuasa selama beberapa hari, hormon endorphin  dalam tubuh kita akan meningkat loh. Hormon endorphin ini seperti kita ketahui berguna untuk meningkatkan mood, meredakan stress, mencegah depresi mengurasi kecemasan, bahkan memperbaiki kesehatan mental. Jadi harusnya ngk ada yang stress-stres ya di bulan yang mulia ini.

  1. Puasa meningkatkan kecerdasan emosional

Siapa disini yang pegen meningkatkan kecerdasan emosional? Banyak sekali literatur yang menyebutkan bahwa kecerdasan emosional ini merupakan salah satu skill yang sangat dibutuhkan saat ini, di dunia kerja pun banyak Perusahaan yang mencari pegawai dengan kecerdasan emosional yang baik. Kabar baiknya, puasa bisa menjadi salah satu caranya loh teman-teman. Hal ini karena saat berpuasa kita berusaha untuk melepaskan ketergantungan emosional pada makanan, misalnya seperti kafein, gula olahan, asam lemak trans, nikotin, dan lainnya. Puasa juga dapat meningkatkan kadar katekolamin, seperti dopamine yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan rasa percaya diri juga mengurangi rasa cemas. Selain itu puasa juga menyebabkan pelepasan hormon serotonin yang berfungsi untuk membuar suasana hati kita menjadi baik.

  1. Puasa Kebiasaan Orang-orang terdahulu

Siapa yang ngira kalau puasa itu baru disyariatkan ketika Islam datang? Nyatanya, puasa yang kita lakukan saat ini itu telah disyariatkan pada umat-umat sebelum kita loh. Bahkan Allah sengaja menyebutkannya di dalam QS Al-Baqarah ayat 183.  Apa tujuannya? Menurut Ibnu Asyur ada 3 hal tujuan berpuasa yaitu Pertama, agar umat islam tidak merasa sulit dan berat ketika menjalankannya karena umat-umat terdahulu pun juga mendapatkan perintah yang sama. Kedua, untuk menunjukkan bahwa syariat ini memiliki kandungan kebaikan yang besar dan besar pula pahalanya. Ketiga, untuk menguatkan tekat dalam menjalankannya sehingga tidak lalai.

  1. Menjadikan Manusia yang Bertaqwa

Setelah kita tau bahwa perintah puasa ini telah disyariatkan untuk umat-umat sebelum kita, tapi pernahkah kita bertanya, sebenarnya  saat berpuasa kenapa kita diminta  untuk menahan lapar, dan haus? Juga kenapa saat puasa kita dilarang berkataa yang buruk, dan menjauhi banyak hal yang maksiat? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin saja banyak sekali penjelasannya, tapi Allah secara singkat dan padat menyebutkan satu kata “Taqwa”. Hal ini dijelaskan dalam surah QS Al-Baqarah:183, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. Mengapa puasa bisa mengantarkan kita kepada taqwa? Menurut Tafsir As-Sa’di oleh Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di, hal ini karena ketika orang-orang berpuasa, mereka akan meninggalkan hal-hal yang Allah haramkan padahal hal tersebut sangat diinginkan oleh hawa nafsunya. Ketika berpuasa sejatinya mereka juga sedang melatih diri untuk selalu merasa diawasi oleh Allah karena bisa saja loh kalo memang mau melanggar, kan tidak ketahuan. Tapi karena ia merasa Allah melihatnya, maka ia tinggalkan.

Itulah 7 rahasia puasa yang semoga bisa membantu teman-teman untuk menjalankan puasa dengan lebih ringan dan berkualitas ya. Buat teman-teman yang mau bersedekah untuk orang-orang yang berpuasa bisa ke beramalbersama.com/borongpahalabukapuasa ya*

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat Infaq+ donasi donasi Sedekah kontak kontak Live Salur donasi rutin donasi rutin Akun