brand_logo
BAGIKAN QURBAN DI PELOSOK GUNUNG MERBABU, BERAMALBERSAMA BERKOLABORASI DENGAN BERBAGAI LEMBAGA SALURKAN LEBIH DARI 30 HEWAN QURBAN
BeramalBersama
21-Jun-2024
Update Penyaluran

BAGIKAN QURBAN DI PELOSOK GUNUNG MERBABU, BERAMALBERSAMA BERKOLABORASI DENGAN BERBAGAI LEMBAGA SALURKAN LEBIH DARI 30 HEWAN QURBAN

Boyolali, Jawa Tengah - Beramalbersama berkolaborasi dengan beberapa lembaga melaksanakan penyaluran Qurban di Dusun Mongkrong, Desa Jlarem, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada tanggal 17-20 Juni 2024.

       Beramalbersama melakukan penyembelihan hewan Qurban di Dusun Mongkrong, Desa Jlarem, Kabupaten Boyolali. Pemilihan Lokasi ini dipertimbangkan karena daerah tersebut sejak bertahun- tahun lalu minim sekali mendapatkan hewan qurban, bahkan beberapa dusun hanya mendapatkan hewan qurban dari daerah lainnya. Alhamdulillah Beramalbersama berkolaborasi dengan Majelis Joglo Muhibbin dan warga setempat  melaksanakan penyembelihan Qurban pada tanggal 17 Juni 2024.

Kajian tentang qurban

       Kegiatan diawali dengan pengajian yang diadakan H-1 Idul Adha pada tanggal 16 Juni 2024 malam tentang Qurban serta sunnah-sunnah yang bisa dilakukan sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha. Pengajian ini diisi oleh Gus Luqman, Ustadz Jamal, serta Ustadz Hendro selaku Dai di daerah tersebut. Acara diselenggarakan dari jam 8 malam hingga 11 malam waktu setempat sekaligus dengan agenda makan bersama warga lokal.

       Keesokan harinya, warga Dusun Mongkrong melaksanakan  sholat Idul Adha sekitar  jam 7 pagi. Alhamdulillah suasananya sangat cerah dengan ditemani pemandangan cantik dari Gunung Merbabu. Pelaksanaan sholat Idul adha berlangsung dengan khidmat, dan diakhiri dengan ‘salam-salaman’ bersama warga. Beramalbersama melakukan penyembelihan Qurban sekitar jam 9 pagi sebanyak 19 (domba/kambing) yang terdiri dari 8 Doka (domba/kambing) dari Beramalbersama, 5 Doka (domba/kambing) dari Majelis Joglo Muhibbin, 5 Doka (domba/Kambing) dari Dompet Dhuafa Yogyakarta dan 1 Doka (domba/Kambing) dari warga setempat. 

       Kegiatan dilaksanakan dengan pemotongan hewan qurban, penimbangan, pembagian daging, hingga pendistribusian hewan Qurban yang dilakukan oleh bapak-bapak setempat. Sebagian daging qurban juga dimasak untuk diberikan kepada Masyarakat setempat. Kegiatan pelaksanakan hewan qurban Alhamdulillah selesai hingga maghrib tiba.

 “Alhamdulillah bersyukur banget, senang, karena belum pernah ada program yang masuk ke dusun kami. Ternyata sampai 30an juga, Alhamdulillah masih banyak orang-orang yang melihat dan memperhatikan dusun kami. Harapannya dengan adanya kegiatan Qurban seperti ini kami bisa banyak yang sadar bahwa memiliki tanggungjawab juga untuk berqurban” Ucap salah satu warga.

       Kegiatan penyembelihan hewan Qurban lanjutan dilaksanakan bersama mitra kami yaitu Fath Sedulur Hijrah dan Arah Baik Sambernyawa pada tanggal 19 Juni 2024. Alhamdulillah telah terlaksana dengan baik dan lancar penyembelihan sebanyak lebih dari 20an doka (domba/kambing).*

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat Infaq+ donasi donasi Sedekah kontak kontak Live Salur donasi rutin donasi rutin Akun