brand_logo
MASIH RAGU MAU QURBAN TAHUN INI? INI LOH 5 KEUTAMAAN BERQURBAN!
BeramalBersama
20-May-2024
Khasanah Islam

MASIH RAGU MAU QURBAN TAHUN INI? INI LOH 5 KEUTAMAAN BERQURBAN!

Assalamualaikum Sahabat Beramal, tau ngksih kalau sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha loh, yang biasanya sering disebut sebagai Hari Raya Qurban. Siapa nih yang disini masih ragu untuk berqurban? Atau ada yang masih bingung mau Qurban dimana? Baca dulu yuk, apa aja sih keutamaan qurban biar makin yakin.

  1. Ibadah yang paling disukai Allah

Siapa nih yang suka bertanya-tanya, apasih ibadah-ibadah yang Allah suka? Nah karena lagi ngomongin Idul Adha, ternyata Allah tuh suka banget sama orang yang menyembelih berqurban. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah sebagai qurban di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya." [HR. Ibn Majah dan Tirmidzi]

  1. Lambang Ketaqwaan

Mungkin ada yang berfikir bahwa daging hewan qurban yang kita sembelih itu akan sampai ke Allah kayak persangkaan orang-orang jahiliyah yang suka mengira sesajen mereka akan diterima oleh apa yang mereka sembah. Tapi Allah sendiri dalam firmannya menyatakan bahwa yang sampai ke Allah itu sebenarnya adalah ketakwaan kita. bagimana kita tuh tunduk dan taat atas apa yang Allah perintahkan.  Dalam QS Al-Hajj ayat 37 Allah berfirman "Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untuk-mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik."

  1. Bentuk Syukur

Siapa yang suka mengira kalau misalnya cara bersyukur itu hanya dengan mengucap “Alhamdulillah”? Padahal bentuk Syukur itu sejatinya bukan hanya di hati dan di lisan saja, tapi juga diperbuatan. Allah pun juga mengingatkan kita dalam QS Al-Kaustar ayat 1-2, bahwa berqurban itu adalah salah satu bentuk Syukur kita atas nikmat Allah yang begitu banyak. Allah berfirman “Sesungguhnya Kami telah memberimu (Nabi Muhammad) nikmat yang banyak. Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!”

Jadi disini kita dianjurkan untuk berqurban sebagai bentuk rasa Syukur kita ya, maka dari itu hukum Qurban itu adalah Sunnah muakad, yang dianjurkan.

  1. Menghilangkan Sifat Buruk

Ketika kita berqurban, sejatinya kita telah berusaha melawan sifat-sifat buruk yang muncul dalam diri kita. Kepala Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan menyatakan menyembelih hewan qurban memiliki dua arti yaitu bahwa secara fisik yaitu menyembelih binatang yang hendak diqurbankan, tetapi secara non fisik yaitu menyembelih sifat-sifat kebinatangan yang melekat pada setiap diri yang berqurban, seperti sifat serakah, mau menang sendiri, menindas yang lemah, dsb. Sifat-sifat kebinatangan tersebut, secara simbolis disembelih oleh orang yang berqurban, sehingga sifat tersebut terlepas dan dilepaskan dari diri yang berqurban. Dengan demikian, lahir diri baru, individu baru, dan bahkan masyarakat baru, yang bersih dari sifat-sifat kebinatangan.

  1. Ibadah yang Sangat Dianjurkan

Ibadah Qurban sangat dianjurkan bagi yang memiliki kelapangan atau kemampuan dalam harta, bahkan Rasulullah SAW memberikan penegasan dalam sabdanya "Siapa yang memiliki kemampuan untuk berkurban, tetapi ia tidak mau berkurban, maka sesekali janganlah ia mendekati tempat shalat kami." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Itulah 5 keutamaan berqurban. Semoga sahabat Beramal jadi semakin yakin yauntuk berqurban tahun ini. Buat yang belum tau mau berqurban dimana, kebetulan Beramalbersama juga punya program nih. Apa aja sih keuntungan berqurban di Beramalbersama?
1. Transaksi qurban mudah dilakukan secara online.

2. Harga Qurban murah dan terjangkau.

3. Semua proses Qurban dilakukan sesuai syariat Islam.

4. Daging Qurban akan disalurkan untuk santri, daerah pelosok, dan warga lain yang membutuhkan.

5. Shohibul Qurban akan mendapatkan e-sertifikat

Yuk berqurban di Beramalbersama. Semoga siapapun yang memiliki niat baik untuk berqurban Allah mudahkan ya. Aamiin

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat Infaq+ donasi donasi Sedekah kontak kontak Live Salur donasi rutin donasi rutin Akun