brand_logo
Telaga Al Kautsar, Telaga Rasulullah ﷺ
BeramalBersama
27-Jan-2023
Khasanah Islam

Telaga Al Kautsar, Telaga Rasulullah ﷺ

Telaga Al-Kautsar, Telaga Rasulullah ﷺ

Telaga Al-Kautsar merupakan telaga yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad ﷺ, seperti yang tertera dalam Quran Surat Al-Kautsar. Air dalam Telaga tersebut akan diberikan Rasul kapada umatnya yang istimewa, dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Surat Al-Kautsar merupakan surat yang bisa dikatakan paling pendek didalam Al-Quran terdapat 3 ayat dalam surat Al-kautsar. Surat Al-Kautsar di turuntkan di Mekah karena suatu alasan. Disaat Rasulullah ﷺ merasa sedih karena ditinggal kedua orang yang sangat dikasihi dan disayangi. Oleh sebab itu surat ini merupakan surat yang berfungsi untuk menghibur Rasulullah ﷺ.

Nama Al-Kautsar memang diambil dari sungai yang ada di Surga. Sebagaimana Sabda Rasulullah ﷺ :

فَإِنَّهُ نَهْرٌ وَعَدَنِيهِ رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ هُوَ حَوْضٌ تَرِدُ عَلَيْهِ أُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ آنِيَتُهُ عَدَدُ النُّجُومِ فَيُخْتَلَجُ الْعَبْدُ مِنْهُمْ فَأَقُولُ رَبِّ إِنَّهُ مِنْ أُمَّتِى. فَيَقُولُ مَا تَدْرِى مَا أَحْدَثَتْ بَعْدَكَ

“Al-Kautsar adalah sungai yang dijanjikan oleh Rabbku ‘azza wa jalla. Sungai tersebut memiliki kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang nantinya akan didatangi oelh umatku pada hari kiamat nanti. Bejana (gelas) di telaga tersebut sejumlah bintang di langit. Namun ada dari sebagian hamba yang tidak bisa minum dari telaga tersebut. Allah berfirman : tidakkan engkau tahu bahwa mereka telah amalan baru sesudahmu.” (HR. Muslim, no. 400)

Manurut riwayat ‘Atha’, dalam Surah Al-Kautsar, Sebuah telaga yang diberikan Allah Kepada Rasulullah ﷺ di surga. Hanya saja, Riwayat lain menyebutkan bukan telaga melainkan sungai. Hanya orang-orang beruntung yang kelak meminum air telaga Al-kautsar, telaga yang Allah berikan kepada Rasulullah ﷺ seperti tertera dalam Surat Al-Kautsar. Bagaimana tidak, air telaga ini sangat berkhasiat sesuai kebutuhan semua manusia pertama hingga manusia terakhir dalam menjalani huru hara hari kiamat. Tapi hanya orang-orang istimewa yang meminum air telaga Al-Kautsar langsung dari tangan pemiliknya, Nabi Muhammad ﷺ. Belum lagi suguhan langsung dari tangan Rasulullah ﷺ yang tentu akan memberikan pengalaman rohani dan kepuasan batin yang berbeda.

Sungguh banyak khasiat yang ada pada isi Surat Al-Kautsar, karena diambil dari nama telaga Surga yang memiliki banyak kenikmatan, maka khasiat Surat Al-Kaursar akan di berikan Kenikmatan berupa rezeki yang melimpah.

Kholid dalam bukunya “Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapai Do’a dan Dzikir)” menuliskan, Surat Al-Kautsar dapat menjadi penarik dan memudahkan rezeki, serta akan memudahkan jalan keluarnya hutang-hutang kita ditolong Allah.

Maka siapa yang membaca, menghafalkan dan mengamalkannya amka InsyaAllah, akan Allah beri kenikmatan dunia dan akhirat yang tiada tara, sebagaimana Allah telah menciptakan telaga Al-Kautsar bagi hamba-Nya yang beriman.

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat Infaq+ donasi donasi Sedekah kontak kontak Live Salur donasi rutin donasi rutin Akun