brand_logo
Keutamaan Menjaga Wudhu
BeramalBersama
03-Feb-2023
Inspirasi Kebaikan

Keutamaan Menjaga Wudhu

KEUTAMAAN MENJAGA WUDHU

Seorang muslim setidaknya harus melakukan wudhu sebanyak 5 kali saat akan melaksanakan shalat fardhu. Memlihara wudhu sama halnya dengan memlihara sunnah rasulullah. Dengan memelihara sunnah maka akan meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi yang mulia. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya tentang keutamaan menjaga wudhu.

  1. Pengampunan Dosa Dan Pemberi Syafaat.

Selain membersihkan diri sari segala macam hadas kototran dan juga hadas kecil yang menempel pada tubuh wudhu juga bisa dijadikan pengampun dosa yang sudah dilakukan sekaliagus pemberi syafaat untuk kita kelak.

“wudhu sebelum tidur akan didoakan malaikat agar diampuni segala dosa, Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berharap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu di fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu umar r.a.)

  1. Sebagai Ukuran Perhiasan Akhirat

Rasulullah juga sudah bersabda jika perhiasan dari seorang mukmin saat di akhirat nanti akan disesuaikan dengan jangkauan wudhunya.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Perhiasan seorang mukmin di akhirat akan sesuai dengan jangkauan wudhunya”

  1. Mendulang Pahala Saat Tidur

Keutamaan wudhu lainnya adalah di temani malaikat pada saat tidur dimalam hari dan malaikat tersebut akan memohon supaya dosa diampuni karena sudah tidur dalam keadaan bersuci.

 

Rasulullah ﷺ bersabda, “Sucikanlah jasad-jasad ini, niscaya Allah akan menyucikan kalian. Karena tak seorang hambapun yang tidur di malam hari dalam keadaan suci melainkan ia akan ditemani seorang malaikat yang berada di selimutnya dan tidak bergerak sedikitpun sepanjang malam dan hanya berdoa.”Ya Allah, ampunilah hambamu ini, karena ia tidur dalam keadaan suci” (HR. Ath Thabrani dinilai sahih oleh Syeikh al Albani dalam Shahihul Jamie: 3936).

  1. Mengejar Pahala Salat Jumaah Tertinggal

Dengan berwudhu dan menjaga wudhu lalu dengan sengaja keluar menuju masjid dan mendapati orang yang sudah salat, maka Allah tetap akan menuliskan pahala seperti pahala dari para jamaah tersebut tanpa mengurangi nilai pahala. Akan tetapi, ini tidak akan berlaku untuk orang yang dengan sengaja bermalas-malasan.

  1. Membersihkan Mulut dari Penyakit

Salah satu cara melakukan wudhu adalah dengan  berkumur untuk membersihkan rongga mulut dari berbagai penyakit dan sisa makanan yang sering mengidap di dalam sela gigi .  Dengan melakukan wudhu ini, maka mulut dan tenggorokan akan selalu terjaga kebersihannya dan menguatkan otot

  1. Diberi Pilihan Saat Masuk Surga

“Barangsiapa diantara kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian berkata, aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul (utusan)-Nya, maka akan dibukakan untuknya pintu Surga yang delapan dan dia bisa masuk ke dalam lewat pintu mana saja yang dikehendaki.” Seorang muslim yang melakukan wudhu dengan sempurna akan diberikan pilihan untuk memasuki surga lewat delapan pintu surga yang mereka sukai.

  1. Berbuah Rumah di Jannah

Rasulullah juga sudah bersabda, “Tak seorang hamba Muslim pun yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dengan niat ikhlas karena Allah setip hari 12 rakaat, melainkan Allah pasti akan membangunkan baginya sebuah rumah di jannah.” (HR. Ahmad)

  1. Melepas Ikatan Setan dari Tidur

Rasulullah bersabda, “Setan akan datang mengikat ujung kepala kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatan akan dibisikan, “Kamu masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah.” Jika engkau bangun dan mengingat Allah, maka akan terlepas ikatan pertamamu. Apabila engkau kemudian berwudhu maka akan terlepas ikatan yang ketiga. Jika engkau tidak melakukan ketiga hal itu, niscaya hatimu akan manjadi sesat dan malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Pertanda Keimanan

Di dalam salah satu riwayat, Rasulullah ﷺ bersabda, “bersuci (wudhu) adalah separuh iman. Alhamdulillah akan memenuhi mizan (timbangan). Subhanallah wal hamdulillah akan memenuhi antara langit dan bumi. Sholat adalah cahaya. Shadaqoh adalah tanda. Kesabaran adalah sinar. Al-Quran adalah hujjah (pembela) bagimu atau hujatan atasmu. Setiap orang keluar di waktu pagi maka ada yang menjual dirinya, lalu membebaskannya atau membinasakannya.” Muslim dalam Ath-Thoharoh, bab: Fadhl Ath-Thoharah (533)

  1. Identitas Muslim Pada Hari Perhitungan

Abu Huraira ra berkata, “Saya mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Dan barang siapa yang mampu untuk memperlebar putihnya maka kerjakan hal itu.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

 

 

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat Infaq+ donasi donasi Sedekah kontak kontak Live Salur donasi rutin donasi rutin Akun