brand_logo
8 TIPS SUKSES BERAMAL DI BULAN RAMADAN! YUK PRAKTEKKAN!
BeramalBersama
28-Feb-2024
Khasanah Islam

8 TIPS SUKSES BERAMAL DI BULAN RAMADAN! YUK PRAKTEKKAN!

Tidak terasa, Ramadan sisa sebentar lagi nih Sobat Beramal. Karena sebentar lagi Ramadan akan berlangsung, selain merasa senang dengan kehadiran bulan Ramadan, kita juga dituntut untuk harus bersemangat dalam mempersiapkannya loh sobat. Maka dari itu, persiapan untuk menyambutnya tentu saja tidak kalah penting. Bagimana sih kiat-kiat agar amalan-amalan di Bulan Ramadan lebih meningkat kualitasnya dibanding ibadah di bulan-bulan lain? Yuk Simak tips-tipsnya.

  1. Meluruskan dan Memantapkan niat

Capek-capek puasa tapi ngk ada nilainya? Rugi dong. Maka, meluruskan dan memantapkan niat sangat diperlukan saat puasa, karena kita ngk mau dong kalo puasa-puasa yang kita lakukan malah tidak terhitung atau mendapat pahala jika niatnya keliru.

  • Niat Puasa Sehari :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

  • Niat Puasa Ramadan sebulan penuh

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma jami’i syahri Ramadhani hadzihis sanati fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti pendapat Imam Malik, wajib karena Allah Ta’ala.”

Menurut Mazhab Syafi’I niat harus dilakukan di malam hari sebelum terbit fajar, sedangkan Menurut Mazhab Maliki, bisa berniat sebulan penuh tanpa perlu memperbarui niat setiap harinya.

  1. Melakukan Sahur

Mengkonsumsi makanan sehat saat sahur sangatlah diperlukan loh sobat. Makanan saat sahur diharapkan juga mengandung gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan lain-lain. Sahur ini bukan perihal kuat atau tidak ya sobat, tapi perihal keberkahan. Seperti salah satu hadist Nabi.

“Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah” (HR Bukhari).

Jadi selalu usahakan untuk sahur ya!^^

  1. Tidak Begadang atau Tidur Larut Malam

Ketika sedang berpuasa, pastikan untuk tidak begadang dan tetap tidur dengan waktu yang cukup ya sobat. Karena ketika Ramadan kita dituntut untuk bangun lebih pagi dari biasanya, maka dari itu perlu penyesuaian diri terkait jam tidur ini ya sobat.

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menyukai tidur sebelum shalat ‘Isya’ dan berbincang-bincang setelahnya.” [HR. Bukhari & Muslim]. Syaikh Abdulah Al-Faqih juga  mengatakan “Adalah kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidur di awal malam setelah salat Isya, karena dimakruhkan tidur sebelum shalat Isya dan berbincang-bincang setelahnya.” [Fatawa As-Syabakiyyah no. 251950]

  1. Mengatur Jadwal Dengan Baik

Banyak sekali dalil dari Al-Quran maupun hadist yang menerangkan pentingnya waktu. Maka dari itu, mengatur waktu dengan baik adalah keharusan bagi setiap muslim. Rasulullah SAW bersabda "Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang." (HR Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

  1. Berolahraga Ringan

Walaupun puasa bawaannya lemas, tapi bukan berarti bermalas-malasan ya sobat. Kita bisa tetap berolahraga ringan selama bulan Ramadan untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat ya Sobat. Bahkan Rasulullah bersabda ““Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan,” (HR. Muslim).

  1. Menyegerakan Berbuka

Rasulullah SAW bersabda “Allah berfirman, “Diantara hamba-hhambaKU yang paling Ku-cintai adalah orang yang paling segera berbuka.” (HR Tirmidzi)

Banyak dari hadist Nabi yang meganjurkan kita untuk segera berbuka ketika sudah tiba waktunya. Bahkan kata Rasulullah, manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.

  1. Memperbanyak Bacaan Quran

Bulan Ramadan merupakan Bulannya Qur’an. Karena di bulan inilah Al-Qur’an yang diwahyukan melalui malaikat Jibril diturunkan. Jibril bahkan mendatangi Rasulullah setiap malam di bulan Ramadan. Hal tersebut dijelaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 185 “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)…..”

Maka karena bulan Ramadan adalah bulannya Qur’an, kita dianjurkan untuk membaca Qur’an lebih banyak dibandingkan bulan-bulan biasanya.

  1. Memperbanyak Sholat

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar ramadan kalian produktif sobat. Buat yang mau Ramadannya lebih maksimal lagi, bisa banget yuk download jurnal Ramadan di Beramalbersama.com/jurnalramadan2024 ya. Semangat beribadah ^^

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat Infaq+ donasi donasi Sedekah kontak kontak Live Salur donasi rutin donasi rutin Akun